Memasuki momen akhir tahun, banyak traveler yang sudah tidak sabar mau liburan. Buat kamu si ramah lingkungan, berikut 5 tips liburan seru buatmu:
Liburan tidak hanya sekedar memesan tiket pesawat, hotel dan akomodasi, hingga tiket masuk ke berbagai atraksi. Ada juga aspek lingkungan dan alam yang harus kita jaga bersama.

Berikut 5 tips buat traveler yang hendak bertamasya dengan bertanggung jawab sembari ambil bagian dalam menjaga dan melestarikan lingkungan:

1. Perbanyak Pakai Transportasi Umum dan Jalan Kaki
Liburan dengan menggunakan kendaraan pribadi mungkin lebih nyaman dan mudah. Namun, upayakan untuk memanfaatkan transportasi umum yang ada.

Naik transportasi umum dan memperbanyak berjalan kaki selama liburan dapat mengurangi emisi karbon dan menjaga kualitas udara karena mengurangi jumlah kendaraan di jalan dan juga menyehatkan bagi tubuh.
2. Pilih Penginapan Ramah Lingkungan
Saat liburan, turis biasanya akan menginap entah di hotel atau akomodasi serupa. Sebelum berangkat, pilihlah tempat penginapan yang ramah lingkungan.

Ciri-cirinya umumnya adalah menggunakan bahan baku atau produk ramah lingkungan, bebas asap rokok, menggunakan lampu hemat energi, memiliki sistem pengelolaan air yang baik dan sistem pengendalian polusi udara.

3. Hindari Barang Sekali Pakai dan Buang Sampah Sembarangan
Tidak dapat dipungkiri, menggunakan barang sekali pakai memang lebih menggoda karena tidak perlu repot-repot menenteng barang itu ke mana-mana karena bisa langsung dibuang. Yang menjadi persoalan, biasanya barang sekali pakai terbuat dari plastik.

Sampah plastik merupakan salah satu masalah bagi lingkungan. Usahakan untuk membawa alat makan, tempat minum, dan tas belanja sendiri dari rumah. Ini juga bisa membantu tekan angka produksi sampah diri, sehingga godaan untuk membuang sampah sembarangan pun jadi berkurang.
4. Manfaatkan Tiket Elektronik Sebagai Ganti Tiket Kertas
Kemajuan teknologi mesti kita manfaatkan secara bijak untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur tiket elektronik sehingga menjadi turis paperless.

Dengan begitu, maka turis bisa bersumbangsih dalam mengurangi penggunaan kertas dengan tidak mencetak tiket perjalanan, tagihan di kafe atau restoran, hingga bukti pemesanan hotel.

5. Daur Ulang Koper Lama dengan Koper Baru
Terakhir, traveler bisa mendaur ulang koper yang lama dengan koper yang baru. Samsonite, brand koper, perlengkapan, serta aksesoris traveling ternama di dunia tengah menggelar program Luggage Trade-in yang berlangsung dari mulai tanggal 6 hingga 15 Oktober.

Traveler dapat memanfaatkan program ini dengan membawa koper bekas berbagai kondisi dan berbagai merk ke gerai Samsonite dimana saja untuk menikmati diskon 40% secara otomatis.

“Tidak hanya komitmen pada sustainabilitas lingkungan yang dibangun dalam kultur kami, namun Samsonite juga berkomitmen untuk terus mengutamakan inovasi. Program Luggage Trade-in merupakan wujud nyata komitmen tahunan Samsonite yang terus berkelanjutan guna dorong misi pelestarian lingkungan dan alam tanpa mengorbankan keseruan dan kenyamanan berlibur,” ujar Nadya Pertiwi, Country Head, Samsonite Indonesia, dalam keterangannya, Kamis (28/9/2023).

#beritaterkini#beritaviral#judionline#judislot#promojudi#slotgacor#slotonline

By admin99

Leave a Reply

Your email address will not be published.