Viral seorang wanita di TikTok yang mengaku nyaris kena autoimun karena mengonsumsi oatmeal. Dia mengeluh sakit lambung parah sehingga mengira sebagai gejala asam lambung.
“Mba Taylor, tahun lalu aku kira aku GERD karena sambal. Ternyata kata dokter gizi, aku nyaris autoimun karena makan oatmeal setiap pagi,” tulis akun @vcck1234 di akun TikToknya dikutip atas izin yang bersangkutan.

Kepada detikcom, wanita bernama Carissa itu menceritakan awal mula dia mengklaim nyaris kena autoimun. Selama setahun, dia mengeluh perut kembung dan mual terus menerus tiap kali sarapan dengan oatmeal.

Awalnya dia mengira hal tersebut dipengaruhi intoleransi laktosa karena dirinya mengonsumsi oatmeal dengan susu. Hingga akhirnya dia memutuskan untuk menanyakan kondisinya ke dokter gizi.

“Kata dokternya ‘ini darah kamu nggak sehat, hati-hati loh, di cek semua makanannya’. Terus saya bilang makan oatmeal, dokternya bilang ‘oh iya itu kamu hati-hati bisa autoimun’,” ungkap Carissa.
Mengenai oatmeal dan autoimun, pakar imunologi Prof dr Iris Rengganis, SpPD-KAI menjelaskan makanan tertentu memang bisa menjadi pemicu gejala autoimun memburuk. Pada pasien autoimun, makanan tertentu bisa menjadi pencetusnya.

Autoimun sampai saat ini belum diketahui secara pasti pemicunya. Namun pada pasien autoimun dengan gangguan mikrobiota usus, mengonsumsi makanan mengandung gluten bisa memicu gejala.

“Nah termasuk oatmeal. Oatmeal memang kadar glutennya sedikit, tapi kan bisa bercampur dengan yang lain,” kata Prof Iris kepada detikcom, Selasa (10/10/2023).

Gejala autoimun pun bisa mirip dengan penyakit lain. Sebab autoimun bisa menyerang organ manapun dalam tubuh.

Pada pasien autoimun dengan gangguan mikrobiota usus, gejalanya bisa mirip GERD. Namun kebanyakan pasien memang kerap tidak menyadari memiliki autoimun karena gejalanya tidak berat.

“Tapi kalau sudah ada nyeri sendi, demam nggak jelas, cepat lelah atau cepat ngantuk, harus cepat periksa apakah ada gangguan autoimun atau tidak,” pungkasnya.

#beritaterkini#beritaviral#judionline#judislot#promojudi#slotgacor#slotonline

By admin99

Leave a Reply

Your email address will not be published.