Tidak ada yang tahu kapan ajal datang menjemput. Namun tahukah detikers, ciri-ciri orang yang mau meninggal bisa dilihat dari kondisi medisnya? Iya bisa, sejumlah tanda fisik dan mental tertentu akan muncul pada diri seseorang jelang kematiannya.
Keadaan medis orang yang dekat ajalnya bisa terlihat beberapa hari atau beberapa minggu sebelumnya. Tanda-tanda yang berbeda dari biasanya ini juga memungkinkan tampak pada orang yang meninggal karena sakit, usia, maupun kecelakaan.

Lantas, apa saja ciri-ciri ajal seseorang sudah dekat menurut medis? Kenali tanda-tandanya pada artikel ini agar kamu dapat lebih siap menghadapinya.

Ciri-ciri Orang Mau Meninggal Menurut Medis
Dilansir laman Medical News Today, beberapa kondisi medis dari segi fisik dan mental seorang yang mendekati kematian kemungkinan akan berbeda dari biasanya. Berikut tanda-tandanya:

1. Berkurangnya Makan dan Minum
Jelang wafat, seseorang akan menjadi kurang aktif. Karena tidak begitu menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasanya, maka tubuhnya tidak membutuhkan banyak energi. Mereka yang di ambang kematian bisa saja tidak tertarik untuk konsumsi makanan favorit. Bahkan ada juga yang benar-benar berhenti makan dan minum.

Kalau kamu sedang merawat orang yang sekarat dan ia kehilangan nafsu makan, maka detikers dapat memberikan makan saat orang itu merasa lapar saja. Meski begitu, tubuhnya harus tetap terhidrasi sehingga kamu bisa menawarkannya air putih atau minuman lain.

2. Lebih Sering Tidur
Beberapa minggu atau beberapa bulan sebelum ajal menjemput, seseorang bisa tidur lebih lama dari biasanya. Ini disebabkan metabolisme tubuhnya semakin lemah sehingga ia akan tidur lebih sering. Siapkan tempat tidur yang nyaman dan biarkan ia beristirahat jika kamu tengah menjaga orang terkasih yang mungkin dekat ajalnya.

3. Menjauh dari Kehidupan Sosial
Lantaran energi dalam tubuhnya yang menurun, orang yang dekat kematiannya mungkin tidak ingin menghabiskan banyak waktu dengan orang lain. Namun bukan berarti ia tidak menikmati kebersamaan dengan mereka yang dicintainya. Biarkan orang yang terkasih berkunjung kalau ia merasa nyaman dengan kehadiran orang tersebut.

4. Perubahan pada Tanda-tanda Vital
Ketika dekat ajalnya, tanda-tanda vital dalam diri seseorang dapat berubah, seperti tekanan darah turun, pernapasan yang berubah, detak jantung tidak teratur atau sulit terdeteksi, hingga urin berwarna cokelat atau karat.

5. Suhu Tubuh Menurun
Beberapa hari sebelum meninggal, peredaran tubuh seseorang akan berkurang dan darahnya fokus mengalir ke bagian organ dalam. Ini membuat darah sedikit sekali yang mengalir ke tangan hingga kaki. Ini juga yang menyebabkan anggota tubuh terasa dingin saat disentuh serta kulit tampak pucat dan timbul bercak biru keunguan.

6. Tubuh Menjadi Lemas
Otot menjadi lemah pada hari-hari terakhir sebelum kematian seseorang sehingga tubuhnya akan terasa lemas. Aktivitas sederhana seperti membalikkan badan di tempat tidur atau mengangkat gelas minum saja bisa jadi sudah menjadi hal yang sulit dilakukan olehnya. Jika menemukan orang terkasih seperti ini, kamu dapat membantu mereka.

7. Muncul Masalah Pernapasan
Kesulitan bernapas juga dapat terjadi pada saat-saat jelang kematian. Pernapasan bisa saja menjadi cepat sehingga seseorang terengah-engah. Atau mungkin juga pernapasan berhenti sejenak di antara tarikan napasnya.

8. Mengalami Kebingungan
Sebelum kematian, seseorang terkadang menjadi bingung walaupun otaknya masih aktif. Ia bisa terjadi kalau ia mengalami kelupaan terhadap apa yang ada di sekitarnya. Sebagian yang lain mungkin mengalami gelisah dan menjadi agresif jika tidak tahu di mana mereka berada dan apa yang sedang terjadi.

9. Rasa Sakit yang Semakin Terasa
Rasa sakit akan meningkat ketika seseorang mendekati ajalnya. Orang itu bahkan akan menunjukkan ekspresi menahan sakit sampai mengeluh karena merasa kesakitan. Detikers mungkin bisa membicarakannya dengan dokter terkait pemberian obat pereda nyeri jika orang terkasihmu mengalami hal ini.

10. Halusinasi
Tak sedikit pula orang yang berhalusinasi jelang kematiannya Seperti mereka berkata kalau melihat orang-orang terkasih yang telah lama meninggal muncul di hadapannya. Kekhawatiran mungkin muncul jika kamu mendengar hal-hal ini, tapi cobalah untuk memahami atau menghadapi mereka dengan baik.

Itulah sederet ciri-ciri orang yang mau meninggal dilihat dari sisi medisnya. Jadi, jangan dianggap sepele ya kalau detikers melihat tanda-tanda di atas pada orang terkasihmu.

#beritaterkini#beritaviral#judionline#judislot#promojudi#slotgacor#slotonline

By admin99

Leave a Reply

Your email address will not be published.