Jakarta –

Kerajaan atau dinasti Islam pernah berjaya pada masa lalu dengan banyak menyebarkan ajaran serta budaya-budaya Islam. Beberapa di antaranya berhasil meruntuhkan kerajaan Romawi dan memulai masa kejayaan Islam.

Dikutip dari The Metropolitan Museum of Art, terdapat kekaisaran Sasaniyah (224-636 M) yang menjadi kekaisaran pra-Islam terakhir yang dipimpin oleh Dinasti Sasaniyah. Wilayah kekaisaran ini mencakup wilayah yang kini adalah Iran, Irak, Armenia, Afghanistan, bagian timur Turki, dan sebagian India, Suriah, Pakistan, Kaukasia, Asia Tengah dan Arab.

Namun, sekitar tahun 650-an kekaisaran ini takluk dan berhasil dikuasai oleh umat Islam. Dimulai dari pada masa ini, kemudian kekaisaran atau dinasti Islam lainnya muncul.

CERUTU4DTERPERCAYA.COM

Berikut daftarnya sebagaimana dikutip dari The Metropolitan Museum of Art.
Baca juga: CERUTU4DTERPERCAYA.COM
5 Kerajaan Pertama di Indonesia, Majapahit Termasuk
Baca juga:
6 Karya Arsitektur Islam Paling Terkenal di Dunia, Termasuk Dome of The Rock
16 Kerajaan atau Dinasti Islam di Dunia
1. Kekaisaran Sasaniyah (Ditaklukan Islam sekitar 651 M)

Kekaisaran ini merupakan kekaisaran bangsa Iran yang ketiga dan kekaisaran Persia yang kedua.
2. Kekaisaran Bizantium (Ditaklukan Islam pada 1453 M)

Kekaisaran ini juga berhasil ditaklukan oleh Islam melalui perang berabad-abad.
3. Kekhalifahan Umayyah (661-750 M)

Bani Umayyah adalah kekhalifahan Islam pertama setelah Khulafaur Rasyidin. Kekhalifahan ini berpusat di Damaskus, Suriah.
4. Dinasti Umayyah Spanyol (756-1031 M)
CERUTU4DTERPERCAYA.COM
Dinasti Umayyah Spanyol terletak di Provinsi Andalusia, yang terbentuk melalui pelarian Abdurrahman bin Mu’awiyah dari pembantaian Daulah Abbasiyah. Abdurrahman bin Mu’awiyah kemudian disebut sebagai pangeran Daulah Umayyah.
5. Kekhalifahan Abbasiyah atau Bani Abbasiyah (750-1258 M)

Kekhalifahan Abbasiyah adalah kekhalifahan kedua Islam yang berkuasa di Baghdad dan berhasil merebut Bani Umayyah. Namun, kekhalifahan ini tidak berhasil merebut Bani Umayyah di Andalusia.
6. Samanids (819-1005 M)

Samanids menjadi dinasti asli pertama Persia setelah keruntuhan Kekaisaran Sasaniyah dan penaklukan Muslim Arab. Dinasti ini menjadi awal kebangkitan seni dan budaya Persia.
7. Dinasti Seljuk (sekitar 1040-1196 M)

Seljuk atau Turki Seljuk adalah suku Turki yang berasal dari Asia Tengah dan berhasil menguasai hingga Timur Tengah.
8. Almoravid dan Almohad (sekitar 1062-1147; 1130-1269)
CERUTU4DTERPERCAYA.COM
Almoravid dan Almohad adalah dinasti Berber yang memerintah Spanyol bagian selatan setelah keruntuhan rezim Umayyah Spanyol. Mereka menaklukkan Maroko dan mendirikan Marrakesh sebagai ibu kotanya.
9. Kesultanan Rum (1081-1307)
CERUTU4DTERPERCAYA.COM
Kesultanan Rum adalah bangsa muslim Sunni Turki-Persia yang memisahkan diri dari Kekaisaran Seljuk Besar dan menguasai sebagian besar Anatolia. Anatolia ini dikenal sebagai ‘Rum’, turunan dari Roma, dan mengacu pada pemerintahan Kekaisaran Bizantium yang ada di wilayah itu sebelumnya.
10. Kerajaan Ilkhanids (1206-1353)

Ilkhanid, Dinasti Iklhanat, atau Bani Ilkhan adalah bawahan Khan Agung Mongol yang memerintah Tiongkok dan didirikan oleh keturunan penakluk Mongol Genghis Khan.
11. Kerajaan Granada Nasrid (1232-1492)
CERUTU4DTERPERCAYA.COM
Mengutip History Maps, Kerajaan Granada Nasrid atau juga dikenal sebagai Emirat Granada adalah wilayah Islam di selatan Iberia. Kerajaan Nasrid didirikan oleh Muhammad ibn al-Ahmar yang memanfaatkan perselisihan Dinasti Almohad dan berambisi naik ke puncak kekuasaan.
12. Dinasti Mamluk (1250-1517)

Dinasti Mamluk adalah dinasti yang didirikan oleh para budak dari berbagai suku dan bangsa. Dinasti ini berhasil berkembang menjadi pemerintahan dengan jutaan rakyat hingga menguasai tanah subur di Mesir dan Levant.
13. Kekaisaran Ottoman (1299-1923)
CERUTU4DTERPERCAYA.COM
Kekaisaran ottoman atau Kesultanan Utsmaniyah adalah kekaisaran yang didirikan oleh suku Turki di Anatolia (Asia Kecil). Kekaisaran ini menjadi salah satu dinasti yang paling lama bertahan.
14. Kekaisaran Timurid (1307-1507)

Dinasti Timurid diambil dari nama Timurid, yaitu suku Turki yang menaklukan sebagian besar Iran Raya dan Asia Tengah. Kekaisaran ini menjadi pelindung penting seni, seperti menugaskan monumen arsitektur serta manuskrip bergambar bagus.
15. Kerajaan Safawi (1501-1722)
CERUTU4DTERPERCAYA.COM
Kerajaan Safawi merupakan dinasti Syiah yang memiliki garis keturunan dengan seorang mistikus Sufi yang penting. Kerajaan Safawi ini dikenal karena kemewahannya dan dukungan terhadap seni dekoratif yang bagus dan mampu memproduksi manuskrip mewah.
16. Kekaisaran Mughal (1526-1858)
CERUTU4DTERPERCAYA.COM
Kekaisaran Mughal didirikan oleh Zahiruddin Muhammad Babur di India. Kerajaan ini menjadi yang paling berpengaruh di dunia karena keberhasilan ekspansi militernya.

Pada bidang ekonomi, kerajaan Mughal mengembangkan sektor pertanian, pertambangan, dan perdagangan. Pada bidang seni dan ilmu pengetahuan, kerajaan Mughal berhasil dalam bidang arsitektur. Salah satu puncak karya arsitektur pada masa tersebut adalah Taj Mahal.

By admin99

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *