Jakarta –

Viral kisah wanita di Bogor yang setia menemani suaminya sembilan tahun menjalani dialisis atau cuci darah. Riri Robiani (30) menceritakan bahwa suaminya, Yassir AlHabsyi didiagnosis mengidap gagal ginjal kronis pada tahun 2015 saat usianya 22 tahun. cerutu4dterpercaya.com

Ia menuturkan saat diperiksa oleh tim dokter, kondisi gagal ginjal Yassir sudah memasuki stadium akhir. Hal tersebut membuat Yassir harus menjalani prosedur cuci darah seumur hidupnya.

“Karena darahnya kotor jadi banyak cairan dan racun-racun dan limbah gitu di dalam darahnya yang menumpuk. Karena tugas cuci darah itu sebenarnya tugasnya ginjal, tapi memang rusak,” ujar Riri pada detikcom, Sabtu (24/2/2024).

cerutu4dterpercaya.com
Dari pemeriksaan yang dilakukan oleh tim dokter, Yassir memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi diketahui merupakan salah satu faktor utama pemicu penyakit gagal ginjal.

Ia menuturkan karena suaminya tidak memiliki keluarga dengan riwayat hipertensi, diduga kuat penyakit tersebut muncul akibat pola hidup Yassir sebelumnya yang kurang sehat.
Baca juga:
5 Penyebab Sakit Pinggang Kiri dan Kanan yang Perlu Diketahui

Riri berkata bahwa Yassir sebelumnya memang sering begadang, mengonsumsi junk food, sering makan tinggi garam, hingga memiliki kebiasaan merokok.

Setelah diagnosis pada tahun 2015, Riri mengatakan bahwa suaminya sudah menjalani ratusan kali prosedur cuci darah. Namun, ia bersyukur prosedur yang dijalani oleh suaminya tersebut dicover oleh BPJS Kesehatan sehingga ia tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.
cerutu4dterpercaya.com
Riri mengaku hanya perlu menyiapkan uang untuk sebagian obat-obatan yang belum ditanggung.

Berkaitan dengan kondisi terkini Yassir, Riri menyebut bahwa tubuh suaminya sudah jauh lebih fit. Suaminya bahkan masih bisa beraktivitas seperti biasa dan bekerja untuk mencari nafkah.

“Kondisinya sehat bisa beraktivitas seperti biasa, tapi memang harus rutin cuci darah secara medis seumur hidup. Masih bisa bekerja, paling nggak boleh angkat berat-berat aja,” pungkasnya.
Baca juga:
Ramai-ramai Warga China Jalani Terapi Pemurnian Darah demi Umur Panjang

Baca artikel detikHealth, “Cerita Pria Bogor Cuci Darah di Usia 22, Gagal Ginjal Akibat Kebiasaan Ini” selengkapnya https://health.detik.com/true-story/d-7209636/cerita-pria-bogor-cuci-darah-di-usia-22-gagal-ginjal-akibat-kebiasaan-ini.cerutu4dterpercaya.com

Download Apps Detikcom Sekarang cerutu4dterpercaya.com

By admin99

Leave a Reply

Your email address will not be published.