Islamabad –

Iran dan Pakistan saling serang. Situasi bilateral dua negara memanas dan menambah ketegangan kawasan. Berikut adalah fakta-faktanya. .CERUTU4DTERPERCAYA.COM

Dihimpun detikcom dari siaran kantor berita internasional hingga Kamis (18/1/2024) pukul 18.00 WIB, berikut adalah 10 fakta Iran vs Pakistan yang kini saling serang:
1. Iran serang Irak dan Suriah terlebih dahulu .CERUTU4DTERPERCAYA.COM

Setelah Iran mengalami serangan bom pada 3 Januari yang menewaskan 84 orang, Iran bersumpah membalas serangan teroris itu. Belakangan, ada ISIS yang mengklaim mendalangi pemboman di kawasan Kerman tersebut. Peristiwa itu juga menambah panas konflik Timur Tengah yang sudah dikecamuk invasi Israel terhadap Jalur Gaza, Palestina, konflik yang Iran juga turut menyokong kelompok perlawanan bersenjata di Jalur Gaza yakni Hamas dan Hizbullah di Lebanon, dan ada pula Houthi di Yaman.

.CERUTU4DTERPERCAYA.COM
Iran kemudian menyerang teritori Irak, yakni di Kurdistan. Iran menyebut sasaran di Kurdistan itu merupakan markas intelijen Israel, musuh mereka. Namun Irak tentu saja tidak terima negaranya diobok-obok negara lain secara semena-mena, apapun dalih Iran.

Iran juga meneyerang sasaran di Suriah, negara dengan pemerintahan Presiden Bashar Al Assad yang relatif bersahabat dengan Iran. Iran menyebut sasaran di Suriah adalah teroris.
Baca juga: .CERUTU4DTERPERCAYA.COM
Garda Revolusi Iran Tembak Wilayah Irak dan Suriah dengan Rudal
2. Iran serang Pakistan, 2 anak tewas .CERUTU4DTERPERCAYA.COM

Selasa, 16 Januari kemarin, Iran mulai melancarkan serangan ke wilayah negara tetangganya di sebelah timur, yakni Pakistan. Alasannya sama, memburu teroris. Kelompok yang diburu Iran di Pakistan adalah kelompok ekstremis Sunni bernama Jaish al-Adl (Tentara Keadilan) yang dibentuk sejak 2012, demikian dilansir DW (Deutsche Welle).

Selasa malam (16/01), kantor Berita Nour Iran memposting di platform X: “Beberapa menit yang lalu, dua markas penting kelompok teroris Jaish-ul-Adl menjadi sasaran di Pakistan”. Kelompok ini mengaku bertanggung jawab atas serangan pada bulan Desember di sebuah kantor polisi di Rask yang menewaskan sedikitnya 11 petugas polisi Iran.
Baca juga: .CERUTU4DTERPERCAYA.COM
Setelah Irak-Suriah, Iran Lancarkan Serangan Udara ke Pakistan
3. Korban serangan Iran: 2 Anak tewas

Lokasi serangan ada di daerah Panjgur, barat daya Provinsi Balochistan, kawasan dekat perbatasan Pakistan-Iran yang jarang penduduknya di Pakistan. Namun demikian, dilansir DW, serangan itu dilaporkan mengakibatkan 2 anak tewas dan 3 anak perempuan mengalami luka.
4. Pakistan marah .CERUTU4DTERPERCAYA.COM

Merasa kedaulatannya di langgar sewenang-wenang oleh tetangganya, Pakistan marah. Pakistan sudah sejak dari awal mewanti-wanti bahwa peristiwa serangan ke negaranya bisa menimbulkan akibat serius.

“Pelanggaran kedaulatan Pakistan ini benar-benar tidak dapat diterima dan dapat menimbulkan konsekuensi serius,” kata Kementerian Luar Negeri Pakistan dalam sebuah pernyataan.

Teheran Iran dan Islamabad Pakistan sering saling tuduh bahwa pihak lain mengizinkan militan beroperasi dari wilayah masing-masing untuk melancarkan serangan. Namun jarang sekali pasukan resmi dari kedua belah pihak terlibat pertempuran. “Yang lebih memprihatinkan lagi adalah tindakan ilegal ini tetap terjadi meskipun ada beberapa saluran komunikasi antara Pakistan dan Iran,” kata Kementerian Luar Negeri Pakistan. .CERUTU4DTERPERCAYA.COM

Simak Video ‘Garda Revolusi Iran Tembak Wilayah Irak dan Suriah dengan Rudal’:

Baca artikel detiknews, “10 Fakta Iran dan Pakistan Kini Saling Serang” selengkapnya https://news.detik.com/internasional/d-7148987/10-fakta-iran-dan-pakistan-kini-saling-serang. .CERUTU4DTERPERCAYA.COM

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/.CERUTU4DTERPERCAYA.COM

By admin99

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *